RESUME BERPIKIR KOMPUTASI
1. STRUKTUR DATA
Dalam istilah ilmu komputer, struktur data adalah cara menyimpan dan mengatur data secara terstruktur pada sistem komputer atau pangkalan data sehingga lebih mudah diakses. Secara teknis, data dalam bentuk angka, huruf, simbol, dan lainnya ini diletakkan dalam kolom-kolom dan susunan tertentu.
Struktur data memberikan cara mengelola data yang banyak secara efisien untuk berbagai penggunaan, misalnya untuk basis data yang besar dan layanan pengindeksan internet. Biasanya, struktur data yang efisien adalah kunci untuk mendesain algoritme yang efisien. Beberapa metode desain formal dan bahasa pemrograman menekankan struktur data, bukan pada algoritme, sebagai faktor kunci dalam mengatur desain perangkat lunak. Struktur data bisa digunakan untuk mengatur penyimpanan dan pengambilan informasi yang disimpan baik di dalam memori utama maupun memori sekunder.
2. TREE DATA
Tree/pohon merupakan struktur data yang tidak linear/non linear yang digunakan
terutama untuk merepresentasikan hubungan data yang bersifat hierarkis antara elemen-
elemennya.Struktur data tree, juga dikenal sebagai pohon, adalah struktur data yang digunakan untuk merepresentasikan hubungan hierarkis antara elemen-elemen data. Tree terdiri dari satu elemen khusus yang disebut root (akar) dan elemen-elemen lain yang disebut simpul (node/vertex).
Simpul-simpul ini terhubung satu sama lain dengan cara yang tidak saling berhubungan, membentuk subtree atau cabang.
Tree digunakan untuk merepresentasikan hubungan hierarkis antara elemen-elemen data, untuk melakukan pencarian dan pengurutan data dengan efisien, untuk membangun model pohon keputusan yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan berdasarkan serangkaian aturan dan kondisi, Tree juga digunakan untuk merepresentasikan struktur data lain seperti heap, trie, dan huffman coding.
3. GRAPH DATA
Graph adalah jenis struktur data umum yang susunan datanya tidak berdekatan satu sama lain (non-linier). Graph terdiri dari kumpulan simpul berhingga untuk menyimpan data dan antara dua buah simpul terdapat hubungan saling keterkaitan.
Graph banyak dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan nyata, dimana masalah tersebut perlu direpresentasikan atau diimajinasikan seperti sebuah jaringan. Contohnya adalah jejaring sosial (seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, dkk).
4. ALGORITMA
Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang rumit, yang biasanya digunakan untuk menyelesaikan atau menjalankan suatu kelompok masalah komputasi tertentu. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, algoritma adalah prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas. Selain itu, algoritma juga bisa diartikan sebagai urutan logis dalam pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah.
Algoritma digunakan sebagai spesifikasi untuk melakukan perhitungan dan pemrosesan data. Algoritma yang lebih mutakhir dapat melakukan deduksi otomatis (disebut sebagai penalaran otomatis) dan menggunakan tes matematis dan logis untuk mengarahkan eksekusi kode melalui berbagai rute (disebut sebagai pengambilan keputusan otomatis). Penggunaan karakteristik manusia sebagai deskriptor mesin secara metaforis telah dipraktekkan oleh Alan Turing dengan terminologi seperti "memory", "search" dan "stimulus".
5. ALGORITMA MENURUT PARA AHLI
A. Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi
“algorita adalah suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu persoalan”.
B. Goodman Hedet Niemi
“algoritma adalah urutan terbatas dari operasi-operasi terdefinisi dengan baik, yang masing-masing membutuhkan memori dan waktu yang terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah”.
C. Donald E. Knuth
“algoritma adalah sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus”.
D. Rinaldi Munir
“algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis”.
E. Seymour Lipschutz, Ph.D dan Marc Lipson, Ph.D.
“algoritma adalah suatu daftar langkah-demi-langkah yang terhingga dari instruksi-instruksi yang terdefinisikan dengan jelas yang dipakai untuk permasalahan tertentu”.
F. David Bolton
“algoritma adalah deskripsi dari suatu prosedur yang berakhir dengan sebuah hasil”.
G. Andrey Andreyevich Markov
“algoritma adalah hal umum untuk dipahami sebagai suatu keputusan yang tepat untuk mendefinisikan proses komputasi yang mengarahkan dari data awal hingga hasil yang diinginkan”.
H. Stone dan Knuth
"algoritma adalah suatu seperangkat aturan yang tepat mendefinisikan urutan operasi hingga sedemikian rupa sehingga setiap aturan yang efektif, jelas hingga sedemikian rupa sehingga urutan berakhir dalam waktu yang terbatas”.
I. Minsky
“algoritma adalah seperangkat arutan yang membertahukan kepada kita dari waktu ke waktu, tepatnya bagaimana untuk bertindak”.
6. EKSPRESI LOGIKA
Ekspresi logika adalah proposisi yang dibangun dengan variabel logika yang berasal dari pernyataan atau argumen.
Variabel logika berupa huruf tertentu yang dirangkai dengan perangkai logika, disebut ekspresi logika.
Operator logika memiliki fungsi untuk melakukan pemeriksaan kesamaan nilai dari dua data atau lebih. Operator logika juga memiliki fungsi sebagai ekspresi yang dapat mengembalikan nilai dengan tipe boolean.
Contoh 1
Jika Dewi rajin belajar, maka ia lulus ujian dan ia mendapat hadiah istimewa.
Variabel proposisinya :
P = Dewi rajin belajar
Q = Dewi lulus ujian
R = Dewi mendapat hadiah istimewa
Ekspresi logika :
(PQ)⋀R) atau (P(Q⋀R))
Kedua kemungkinan tersebut akan menghasilkan nilai kebenaran yang berbeda.
Untuk contoh 4-1 yang benar adalah ekspresi logika yang kedua, karena “Dewi lulus ujian dan Dewi mendapat hadiah istimewa” merupakan akibat dari “Dewi rajin belajar”.
7. OPERASI LOGIKA
Operasi logika adalah hubungan antara variabel biner pada masukan dan variabel biner pada keluaran dari suatu rangkaian digital yang mengikuti hukum aljabar Boolean.
Operator logika memiliki fungsi untuk melakukan pemeriksaan kesamaan nilai dari dua data atau lebih. Operator logika juga memiliki fungsi sebagai ekspresi yang dapat mengembalikan nilai dengan tipe boolean.
8. FLOWCHART
Flowchart adalah alat visual yang digunakan untuk merepresentasikan alur kerja atau proses dalam bentuk diagram. Dalam dunia pemrograman dan sistem, flowchart digunakan untuk merencanakan, menganalisis, dan memahami langkah-langkah yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu tugas atau masalah.
Flowchart memungkinkan Anda untuk dengan lebih mudah menjelaskan alur suatu program, karena tujuannya adalah untuk menguraikan proses-proses menggunakan simbol-simbol. Selain itu, flowchart juga dapat berfungsi sebagai alat untuk menyampaikan informasi tentang program kepada orang lain.
Flowchart terbagi atas lima jenis,
yaitu:
a. Flowchart Sistem (System Flowchart)
b. Flowchart Paperwork / Flowchart Dokumen (DocumentFlowchart)
c. Flowchart Skematik (Schematic Flowchart)
d. Flowchart Program (Program Flowchart)
e. Flowchart Proses (Process Flowchart)
9. FLOWCHART DOKUMEN
Bagan alir dokumen (document flowchart) atau disebut juga bagan alir formulir (form flowchart) atau paperwork flowchart merupakan bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya.
Flowchart dalam dokumen digunakan untuk meringkas bagian-bagian atau langkah-langkah yang ada di dalam dokumen tersebut. Hal ini berfungsi untuk memperjelas bagaimana bagian atau langkah tersebut berjalan atau berproses.
10. FLOWCHART DATA
Data Flow Diagram (DFD) adalah representasi grafik dari sebuah sistem. DFD menggambarkan komponen-komponen sebuah sistem, aliran-aliran data diantara komponen-komponen tersebut, asal, tujuan dan penyimpanan dari data tersebut.
Flowchart memungkinkan Anda untuk dengan lebih mudah menjelaskan alur suatu program, karena tujuannya adalah untuk menguraikan proses-proses menggunakan simbol-simbol.
11. FLOWCHART SISTEM
Flowchart Sistem merupakan bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan di dalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem.
berfungsi sebagai alat untuk menyampaikan informasi tentang program kepada orang lain.
12. FLOWCHART PROGRAM
Flowchart Program merupakan keterangan yang lebih rinci tentang bagaimana setiap langkah program atau
prosedur sesungguhnya dilaksanakan. Flowchart ini menunjukkan setiap langkah program atau prosedur sesungguhnya dilaksanakan.
Flowchart program untuk menggambarkan urutan tugas-tugas pekerjaan dalam suatu prosedur atau operasi
13. SIMBOL-SIMBOL FLOWCHART
1. Terminator
Mengutip buku Buku Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Bahasa Pemrograman Java oleh Yuniarsyah, simbol ini mewakili awal dan akhir dari flowchart atau suatu kegiatan. Adapun nama lain dari simbol ini adalah Start/End Symbol.
2. Input/Output
2. Input/Output
Simbol input/output berbentuk jajargenjang. Fungsinya adalah untuk menyatakan proses input/output tanpa tergantung jenis peralatannya.
Selanjutnya adalah simbol proses. Tujuannya adalah menyatakan suatu tindakan atau proses pada komputer.
Simbol preparation memiliki tujuan untuk menyiapkan suatu variabel atau tempat penyimpanan suatu pengolahan data atau pemberian awal.
Simbol ini berfungsi untuk menghubungkan antara simbol satu dan simbol lain atau menyatakan jalannya arus dalam suatu proses. Simbol ini sering disebu juga dengan connecting line.
Simbol selanjutnya adalah decision. Decision menyatakan awal dan akhir flowchart atau program suatu kegiatan.
Simbol connector berbentuk lingkaran. Fungsinya adalah menyatakan sambungan dari satu ke proses lain dalam halaman yang sama.
Simbol ini menjelaskan pelaksanaan suatu alur dalam diagram alur. Predifine proses juga menyatakan arti sebuah proses yang merujuk dari tempat lain pada halaman kerja flowchartmu.
Offline Connector kebalikan dengan connector. Simbol ini menyatakan sambungan dari satu ke proses ke proses lain pada halaman yang berbeda.
Fungsi dari simbol document adalah merepresentasikan input atau output dari dokumen pada flowchart. Tujuannya adalah untuk menjelaskan bentuk masukan dari dokumen dan bentuk keluaran dari sebuah bagan alur.
Komentar
Posting Komentar